Rabu, 22 September 2010

DEFENISI FILSAFAT

Defenisi Filsafat adalah :

1. Pengetahuan tentang hikmah
2. Pengetahuan tentang prinsip atau dasar-dasar
3. Mencari kebenaran
4. Membahas dasar-dasar dari apa yang di bahas.
5. Filsafat berarti ilmu yang menyelidiki fakta-fakta prinsip-prinsip dari kenyataan (realita) dan dari tabiat manusia serta tingkah laku manusia.
6. Sikap terhadap aktivitas seseorang
7. Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepercayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara kritis (arti informal)
8. Filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang sangat kita junjung tinggi
9. Filsafat adalah usaha untuk mendapatkan gambaran keseluruhan
10. Filsafat adalah analisis logis dari bahasa serta penjelasan tentang arti kata dan konsep dan ilmu yang meliputi logika, etika, estetika, matafisika dan teori ilmu pengetahuan ( Epistimologi).
11. Filsafat adalah sekumpulan problema yang langsung yang mendapat perhatian dari manusia dan yang dicarikan jawabannya oleh ahli-ahli filsafat.
12. Filsafat didefenisikan sebagai upaya untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang dilakukan secara kritis,radikal,refleksis dan integral.

Defenisi Filsafat Ilmu Pengetahuan adalah suatu bidang studi filsafat yang mempelajari segala macam jenis, bentuk dan sifat ilmu pengetahuan menurut segi yang paling hakiki atau suatu upaya untuk memahami makna, metode, struktur logis dari ilmu pengetahuan yang mempersoalkan tentang hakekat penyelidikan ilmu pengetahuan yang terdiri dari tiga aspek yaitu hakekat abstrak, hakikat potensi, dan hakekat konkret.
Defenisi Ilmu Pengetahuan adalah suatu proses pemikiran dan analisa yang rasional, sistematis, logik dan konsisten.Hasilnya dapat dibuktikan dengan percobaan yang transparan dan obyektif. Ilmu pengetahuan mempunyai spektrum analisis amat luas mencakup persoalan yang sifatnya supermako, makro dan mikro, misalnya pada ilmu-ilmu fisika, kimia kedokteran, pertanian, rekayasa bioteknologi dan sebagainya.
Defenisi Ilmu Pengetahuan adalah suatu pandangan dan wawasan yang luas dalam arti tidak terbatas hanya kepada objek-objek yang ada diluar diri manusia yang berlaku umum, mempunyai kedudukan mandiri, mempunyai dasar kebenaran sistematis serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya berdasarkan fakta-fakta yang ada dari hasil suatu penelitian.
Pengetahuan adalah gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalaui pengamatan indrawi. Pengetahuan muncul ketika seseorang menggunakan indera atau akal budinya untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya.
Pengetahuan adalah mengenai apa saja yang hanya bisa diperoleh apabila dapat dipikirkan dan didalamnya terdapat hal-hal yang masih diragukan. Pengetahuan juga berasal dari pengalaman pribadi seseorang.
Perbedaan Ilmu Pengetahuan dan Pengetahuan adalah keseluruhan pengetahuan yang belum tersusun baik mengenai metafisik maupun fisik, dapat juga dikatakan pengetahuan adalah informasi yang berupa common sense, tanpa memiliki metode dan mekanisme tertentu.
Persamaannya adalah sama-sama ingin mengetahui sesuatu yang baru yang berasal dari akal budi, pengamatan serta indra yang dituangkan dalam alam pikiran masing-masing.
Biologi adalah ilmu tentang makhluk hidup dan lingkungannya yang berkaitan dengan cara mencari tahu dan memahami alam secara sistematis, serta merupakan suatu proses penemuan fakta-fakta, konsep dan prinsip-prinsip alam yang didasarkan pada tahapan-tahapan ilmiah yang sudah dibuktikan kebenarannya berdasarkan penelitian yang dilakukan.
Pendidikan Biologi didefenisikan sebagai suatu praktek dalam kehidupan yang mempelajari biologi secara akademis, baik secara empirik yang bersumber dari pengalaman-pengalaman pendidk, maupun dengan jalan perenungan-perenungan membantu pihak lain mengalami perubahan tingkah laku fundamental yang diharapkan melaksanakan prinsip-prinsip biologi dengan rasa tanggung jawab untuk menolong orang lain kearah yang lebih baik,serta berdasarkan kurikulum yang sudah ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan undang-undang pendidikan.
Agama didefenisikan sebagai suatu keyakinan yang dimiliki oleh manusia dan kebenarannya mutlak berdasarkan wahyu yang diturunkannya yang kita imani menurut kepercayaan masing-masing manusia. Atau pernyataan dalam suatu agama selalu didasarkan pada suatu keyakinan yang telah tertentu, sehingga pernyataan-pernyataan dalam ayat-ayat kitab suci agama memilki nilai kebenaran sesuai dengan keyakinan yang digunakan untuk memahami dan makna dari kandungan kitab suci dapat berkembang sesuai dengan waktu akan tetapi kandungan maksud dari ayat kitab suci tidak dapat dirubah dan sifatnya absolut.

Perbedaan Ilmu Pengetahuan Dan Filsafat.

Ilmu Pengetahuan tidak mau menyelidiki dan tidak pula memperhatikan hubungan antara manusia dengan alam, akan tetapi tujuan ilmu pengetahuan ialah berusaha menentukan sifat-sifat dari kejadian alam yang didalamnya juga termasuk manusia atau dengan kata lain ilmu pengetahuan bertujuan pada alam dan ilmu pengetahuan memandang manusia hanya sebgai satu bagian dari alam saja.
Filsafat bertujuan untuk mengetahui tentang asal usul manusia hubungan manusia dengan alam semesta dan bagaimana akhirnya
Ilmu pengetahuan dalam pembahasannya dan penyelidikannya mempergunakan panca indera dan percobaan-percobaan
Filsafat dalam pembahasannya tidak mempergunakanpercobaan-percobaan serta penyelidikan pancaindera akan tetapi pembahasannya atau penyelidikannya mempergunakan pikiran dan akal.
Ilmu pengetahuan dalam menentukan kesimpulan dapat ditetapkan dengan dalil-dalil yakin yang didasarkan pada penglihatan dan percobaan.

Filsafat dalam menentukan kesimpulan tidak memberi keyakinan mutlak,segala kesimpulan mengandung keraguan yang mengakibatkan perbedaan-perbedaan pendapat diantara para ahli.

Persamaan Filsafat dan Ilmu pengetahuan.

Sama-sama berpikir dan merenungkan apa yang dilihat dengan menggunakan inderawi dan akal pikiran.
Sama-sama mencari kebenaran dari apa yang dilihat dengan pikiran dan akal. Berpikiran logika untuk mencari suatu kebenaran. Filsafat dan ilmu pengetahuan sama-sama berkembang seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi.

Perbedaan Agama dan Filsafat

Agama merupakan firman Tuhan dan mutlak kebenarannya Agama merupakan tuntunan hidup yang membuat kita tidak melakukan sesuatu diluar tuntunan yang sudah difirmankan dalam kitab suci agar arah tujuan hiduip manusia lebih jelas. Agama yang diwahyukan dalam kitab suci tidak bisa kita rubah ataupun kita kritik kebenarannya karena kitab suci bersifat religius dan spiritual
Filsafat dalam mencari kebenaran menggunakan akal pikiran dan logika. Filsafat cakupannya terbatas dalam lingkungan alam dan manusia. Filsafat merupakan pendapat dari apa yang dilihat dan dirasakan berdasarkan alat indera. Filsafat dalam mencari kebenaran senantiasa berkembang sesuai dengan berkembangnya jaman dan teknologi.

Persamaan Agama dan Filsafat

Keduanya mengemukakan tentang kebenaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar